PENGANTAR BISNIS
USAHA
KUE CUBIT
Disusun Oleh:
1. Aditya
Gunawan (20215180)
2. Agnes
Retno Maharani (20215265)
3. Andremas
Prima Aji (20215733)
4. Annisha
Clarina Nurtjahjo (20215861)
5. Ayu
Fitria Wulandari (21215182)
6. Bagas
Erhan Dika Rangkuti (21215225)
7. Chenia
Putri (21215465)
Pengantar Bisnis 2
Kelas: 1EB13
Pengantar Bisnis 2
Kelas: 1EB13
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNDARMA
2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.2.
Pendahuluan
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi menyebabkan kemajuan-kemajuan hampir di seluruh aspek
kehidupan manusia. Di era modern ini berbagai alat canggih dan
mutakhir semakin mengiringi kehidupan manusia sehari-hari. Imbasnya hal-hal
tradisional pun perlahan semakin ditinggalkan dalam rangka penyesuaian hidup
sebagai manusia modern.
Salah satu contoh
yang mulai ditinggalkan adalah makanan-makanan tradisional yang proses dan
penyajiannya memakan waktu cukup lama bila dibandingkan dengan berbagai makanan
cepat saji (fast food) yang saat ini terdapat dimana-mana. Tentunya,
segala sesuatu yang cepat saji dan modern tak selamanya memiliki segalanya;
makanan fast food cenderung berlemak dan tidak sehat. Lalu bagaimana
cara menemukan solusi agar makanan cepat saji tetap enak dan sehat?
Kue Cubit merupakan
salah satu kue basah jajanan tradisional khas Indonesia yang memiliki cita rasa
yang nikmat. Kue ini disajikan dalam berbagai varian rasa yakni green tea,
buble gum, oreo, strawberry, dan chocolate yang
cukup mengganjal rasa lapar pada perut. Kue ini dapat disajikan dengan
kurun waktu 5-10 menit sehingga tak memakan waktu lama untuk segera melahapnya.
Penyajiaannya yang
cepat, rasa yang enak, nikmat dan tetap sehat membuka peluang usaha yang cukup
menjanjikan. Usaha kue cubit dapat dijalankan secara sederhana serta sasaran
konsumennyapun luas. Dengan berlandaskan alasan-alasan tersebut kami membuat
makalah ini.
1.2.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana cara memulai usaha bisnis tersebut?
2.
Bagaimana strategi produk tersebut?
3.
Bagaimana cara pemasarannya?
1.3.
Tujuan
1. Untuk
memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis
2. Untuk
mengetahui bagaimana cara memulai usaha bisnis kue cubit
3. Untuk
mengetahui bagaimana strategi produk tersebut
4. Untuk
mengetahui cara pemasaran atau penjualannya.
1.4.
VISI
Visi
kami dalam membentuk usaha ini adalah menyajikan makanan yang sehat, bergizi,
higienis, dan bebas pengawet. Serta menjadi pilihan utama para kalangan
pencinta kue cubit.
1.5. MISI
Misi
kami dalam usaha ini adalah menomor satu kan kualitas bahan-bahan, menyajikan
makanan yang higienis dan tentunya dengan harga terjangkau.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Cara Memulai Usaha
Untuk memulai usaha apapun terutama kue
cubit ini, ada beberapa point penting yang harus diperhatikan. Diantaranya:
Modal
Modal merupakan salah satu faktor penting dalam memulai & Membuka Bisnis
Usaha Baru. Banyak orang ingin memulai & Membuka Bisnis Usaha Baru,
namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Padahal,
untuk memulai & Membuka Bisnis Usaha Baru bisa dilakukan
tanpa modal atau modal kecil. Modal terbagi menjadi tiga: modal sendiri,
mencari modal dari investor atau bank, dan modal partnership. Modal sendiri
dapat diraih dengan cara menabung, atau bisa juga memulai bisnis sendiri dengan
tanpa modal seperi menjadi reseller (pengecer) sebuah barang.
Sedangkan untuk
modal dari investor atau bank, dibutuhkan perencanaan bisnis yang baik. Serta
modal ketiga adalah partnership, yaitu menggunakan aset yang sudah ada sebagai
modal bekerja sama dengan orang lain. Seperti memanfaatkan rumah untuk menjual
barang yang dititipkan. Modal merupakan salah
satu kunci utama dalam membangun sebuah bisnis. Namun seperti yang saya
sebutkan diatas bahwa modal tidak harus besar atau kecil. Bicara tentang modal
tentu bicara tentang bisnis itu sendiri. Intinya bisnis seperti apa yang akan
anda bangun, dengan demikian anda dapat memprediksi berapa modal yang
dibutuhkan.
Banyak cara
untuk menutupi kekurangan modal, misalnya melalui mencari rekanan yang bisa
diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit
usaha rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.
Bila modal anda sangat tipis dan ingin melakukannya sendiri itu lebih baik, karena anda tak akan pusing dalam hal lain anda dapat fokus dalam hal pemasaran, namun berhematlah untuk tambahan modal kelak, misalkan anda ingin menjadi pengusaha keripik, anda membuat keripik singkong dengan modal hanya 10 ribu, anda goreng dan bungkus menjadi 40 bungkus dengan harga satuan Rp.500, sisihkan separuh keuntungan untuk tambahan modal, menjadi 50, 60, 100, 500 dan bukan hal mustahil hingga ribuan bungkus atau pabrikan.
Bila memilih usaha patungan, sebaiknya Anda membuat surat perjanjian yang mengatur pembagian wewenang dan hasil usaha guna menghindari masalah di kemudian hari.
Bila meminjam dari lembaga keuangan, maka biasakan untuk membuat laporan
keuangan setelah usaha berjalan. Laporan keuangan tersebut mencantumkan
pemasukan, pengeluaran, dan aset usaha yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar
lembaga keuangan tersebut mengetahui secara pasti perkembangan usaha Anda.
Marketing
Seorang
pengusaha harus mengetahui kelebihan produk yang membedakan dengan barang
sejenis. Setelah itu, dipadukan dengan promosi yang menarik sehingga dapat
menarik orang untuk membeli produk. Marketing juga dapat dipadukan dengan
networking, sehingga menjadi komunikasi marketing yang terintegrasi. Harga
dipadu dengan promosi, seperti 50 orang pembeli pertama dapat potongan, atau
bisa juga menawarkan produk ke orang-orang yang kita kenal.
Mulailah
sekarang
Keempat langkah
tadi tidak akan jalan jika tidak dimulai sekarang. Dalam memulai &
Membuka Bisnis Usaha Baru seorang pengusaha harus terus mengembangkan diri
dengan membaca buku dan mendatangi seminar-seminar pengusaha untuk memotivasi
diri.
Persiapan
mental
Banyak orang
yang takut memulai & Membuka Bisnis Usaha Baru, ini karena dalam
pikirannya sudah tertanam mental takut gagal atau bingung memulai &
Membuka Bisnis Usaha Baru. Ada juga orang yang memiliki mental jika ingin
memulai & Membuka Bisnis Usaha Baru harus memiliki rencana bisnis
usaha yang sempurna. Rencana bisnis usaha diperlukan, namun tidak harus
sempurna karena dapat disempurnakan ketika bisnis telah berjalan. Seorang
pengusaha harus memiliki mental fokus dan disiplin. Dua hal ini diperlukan
untuk memulai & Membuka Bisnis Usaha Baru yang telah
dipersiapkan.
Tentukan ide usaha
Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan
kemampuan, minat atau bakat yang kita miliki, namun tanpa meninggalkan faktor
peluang pasar yang ada pada masyarakat. Banyaknya pengusaha sukses, karena
mereka memilih bidang usaha yang mereka sukai. Sehingga kita akan selalu
berusaha mengembangkan bisnis yang kita miliki, dengan perasaan senang hati
tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul. Selain itu dapat
juga memulai usaha baru yang belum pernah ada di pasaran sehingga terkesan unik
dan menarik, atau membuka usaha yang telah banyak dipasaran namun memiliki
peluang pasar yang masih besar.
Jaringan
Memulai &
Membuka Bisnis Usaha Baru harus mempunyai relasi yang luas dan banyak.
“Kita tidak bisa memulai & Membuka Bisnis Usaha Baru kalau tidak bisa
melakukan networking,” katanya dalam Entrepreneurship Festival, di Jakarta.
Memperbanyak jaringan menjadi sangat penting bagi memulai & Membuka
Bisnis Usaha Baru. Setiap orang dapat menjadi potensi sebagai konsumen atau
bekerja sama dalam memulai & Membuka Bisnis Usaha Baru.
Ciptakan visi dan misi usaha
Sebuah usaha harus mempunyai visi dan
misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur
dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun.
Action
Sebaik apapun ide usaha yang kita
punya, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika kita tidak segera
bertindak. Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh keyakinan dan
ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan
membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras
yang harus dijalankan.
Selalu belajar dan lakukan pengamatan
Amati pengusaha yang telah sukses
dengan bidang yang sama, bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi
manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan
mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar
produk kita bisa lebih inovatif.
Hadapi dan nikmati hambatan atau
kegagalan
Membangun sebuah usaha hingga sukses
tidaklah mudah, adanya hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu membayangi
setiap usaha. Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap
hambatan serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada
kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita sadari, dalam keadaan
terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah
yang ada. Oleh karena itu, hadapi serta nikmati hambatan usaha karena akan
menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha.
Kunci kesuksesan memulai usaha adalah
berani menjadikan mimpi kita menjadi ide bisnis yang nyata. Jangan pernah takut
gagal dalam memulai bisnis, karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran
berharga bagi langkah bisnis Anda. Salam sukses
Kembangkan bisnis sesuai hobi
Tentu akan ada keuntungan apabila anda
mengembangkan bisnis sesuai hobi. Salah satunya yakni and a akan lebih senang
dalam membangun bisnis tersebut. Selain itu tentu anda sudah mempunyai
pengetahuan tentang bisnis tersebut karena itu merupakan hobi anda. Sebagai
contoh, anda suka dengan dunia menulis, baik menulis dikertas maupun menulis
diblog. Nah, dengan demikian anda dapat membuka bisnis usaha jasa penulis
artikel. Mudah dan tentunya tidak perlu modal besar.
Pilih lokasi yang cocok
Dalam memilih lokasi memang susah susah
gampang. Karena dalam bisnis tentunya diharuskan memilih lokasi yang strategis
dan bagus. Dengan demikian anda diharuskan mengeluarkan modal untuk membeli
maupun menyewa tempat bisnis tersebut. Namun dalam memilih tempat yang
strategis tersebut anda juga harus melihat usaha atau bisnis yang anda jalankan.
Seperti contoh, anda ingin membuat usaha peternakan, tentu lokasinya akan
kurang cocok apabila di pinggir jalan raya. Namun jika anda ingin membuka usaha
jasa maupun perdagangan, tentu pinggir jalan raya dan dekat tempat-tempat
keramaian merupakan lokasi yang cocok. Pilihlah lokasi usaha yang banyak
dikunjungi atau dilalui banyak orang. Saat menentukan lokasi usaha juga harus
memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan. Jangan sampai modal Anda terkuras
hanya untuk menyewa atau membeli tempat usaha, anda pun dapat melakukannya
tanpa mempunyai tempat usaha tapi dengan menitip produk usaha anda dengan
memilih ke strategisan lokasi atau tempat usaha mitra anda.
Sejumlah lokasi usaha makanan yang strategis antara lain di sekitar sekolah
atau kampus, kawasan perkantoran, lingkungan pasar dan mal, perumahan, dan
tempat wisata.
Menentukan harga jual
Dengan menentukan harga jual maka
kedepannya anda dapat menghitung kerugian dan keuntungan dari bisnis yang anda
jalankan. Anda harus pintar-pintar dalam menentukan harga produk atau jasa yang
anda berikan. Jangan sampai terlalu mahal ataupun terlalu murah. Untuk
menentukan harga jual ini ada banyak cara, salah satu cara paling gampang yakni
dengan mensurvei terlebih dulu berapa harga yang diberikan oleh para pesaing
bisnis anda. Cara lainnya yang lebih penting yakni dengan menghitung lebih
rinci berapa modal yang anda keluarkan untuk setiap produk yang anda jual.
Stop Dreaming Start Action
Bermimpi membangun bisnis memang
penting, karena dengan mimpi tersebut anda akan semakin semangat dalam
membangun bisnis. Namun jangan melupakan kalimat "stop dreaming start
action". Apabila anda hanya bermimpi maka percayalah mimpi itu akan pudar
dengan sendirinya jika tidak ada action untuk memulainya. Maka dari itu,
setelah anda memikirkan beberapa point tips diatas segeralah untuk bertindak.
Promosikan bisnis anda
Apapun bisnis anda, pastikan
mempromosikannya agar bisnis anda dapat berkembang. Anda dapat menggunakan
banyak cara untuk berpromosi, contohnya yakni dengan membuat brosur, memasang
iklan banner di pinggir jalan, ataupun mempromosikan secara online. Namun
sebelum promosi pastikan produk atau jasa anda memang benar-benar pantas untuk
calon konsumen anda.
Buatlah sistem bisnis yang bagus
Tentu anda tidak akan bisa menjalankan
bisnis besar dengan sendirian. Anda harus bekerjasama dengan orang-orang yang
mempunyai kompetensi atau keahlian dalam bisnis anda. Contohnya yakni seperti
juru memasak, kasir, pembukuan, dan lain sebagainya.
Melihat bisnis orang
lain
Sebelum anda memulai bisnis baru, anda
bisa melihat beberapa orang yang sukses berbisnis. Anda bisa melihat kisah
sukses mereka dan bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan tersebut. Kiat
sukses memulai bisnis dari orang yang telah berhasil bisa menjadi pertimbangan
yang tepat bagi anda untuk menentukan bisnis apa yang baik bagi anda. Anda bisa
bertanya seputar bisnis dari beberapa orang yang telah sukses menjalankannya.
Bila bisnis tersebut memiliki prospek yang baik anda bisa mengikuti jejak
mereka yang telah sukses. Namun bila anda merasa bisnis tersebut sulit anda
jalankan, anda bisa memilih bisnis lainnya yang anda anggap bisa
menjalankannya.
Memilih
Jika anda telah mengetahui beberapa kiat
memulai bisnis dari orang-orang yang telah sukses, anda bisa memilih bisnis
tersebut sebagai langkah awal membuka bisnis baru. Pilihlah bisnis yang
benar-benar anda minati dan anda yakin bisa menjalankannya. Bukan hanya karena
besarnya laba yang akan diperoleh namun anda juga harus memikirkan apakah anda
benar-benar bisa menjalankan bisnis tersebut.
Kreasi
Jika anda sudah menentukan bisnis apa
yang akan anda jalankan, berikanlah sedikit sentuhan baru pada bisnis yang anda
buka tersebut. Inovasi terhadap bisnis baru merupakan kiat memulai bisnis agar
bisa menciptakan ciri khas dari bisnis anda. Seandainya banyak sekali bisnis
yang sama seperti yang anda jalankan, anda bisa memberikan warna berbeda pada
bisnis anda seperti dengan pemberian harga yang lebih murah dengan kwalitas
yang terbaik, cara pemasaran yang berbeda dan menarik serta beberapa hal lain
yang bisa mendukung bisnis baru anda.
Kepercayaan
Bila bisnis anda telah berkembang dan
banyak konsumennya, anda bisa menjaga kwalitas dari produk bisnis anda agar
konsumen tetap percaya pada anda. Kepercayaan dari pelanggan akan memudahkan
bisnis anda berkembang dengan pesat.
Menu andalan
Sebelum memulai
usaha, sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu tentang menu yang
beredar di pasar. Lalu, pilihlah menu yang belum banyak dijual di sana guna
mengurangi tingkat persaingan. Namun pilihan menu tersebut harus disesuaikan
dengan target pasar atau konsumen.
Pemasok bahan
baku
Memiliki
pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya
sangat dianjurkan guna kelancaran proses produksi.
Selain bisa mendapatkan harga relatif murah, anda pun dapat menjadi orang
kepercayaan jika anda dalam keadaan sulit atau terjepit modal, selain itu anda
juga bisa diprioritaskan bila suatu saat bahan baku yang Anda butuhkan langka
di pasaran. Usahakan memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila
pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.
Pembelian bahan baku dari pemasok ini biasanya menggunakan sistem pembayaran
kredit atau tunai dengan potongan harga. Besarnya potongan harga relatif,
tergantung kesepakatan kedua belah pihak, tapi pada umumnya berada pada kisaran
15-20 persen.
Sumber daya
manusia (SDM)
Idealnya,
karyawan terbagi ke dalam kelompok tukang masak, pelayan, dan kasir. Tapi, bila
usaha tergolong kecil, seorang asisten yang dapat mempermudah pekerjaan Anda
itu saja sudah lebih dari cukup.
Jangan lupa untuk memerhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberi gaji
sepadan dan tepat waktu. Hal ini untuk menjaga kestabilan keterampilan dan
kesiapan karyawan.
Target
pemasaran
Menyesuaikan
jenis usaha dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan
usaha makanan dan minuman. Walaupun Anda menawarkan harga murah meriah, tapi
tidak sesuai dengan selera konsumen ini bisa menjadi kendala.
Promosi yang
tepat
Promosi dari
mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha Anda ke
banyak orang. Ini berhasil jika Anda bisa memuaskan konsumen dan nantinya
mereka pun bisa menjadi pelanggan setia.
Dari pelanggan setia ini lah cerita tentang keunggulan usaha Anda akan menyebar
ke publik. Bila ada dana lebih, tak ada salahnya mempromosikan usaha lewat
media, seperti spanduk, papan nama, pamflet, leaflet, atau via jejaring sosial
seperti Facebook atau twitter.
Perizinan usaha
Demi keamanan
dan kenyamanan usaha, pastikan Anda mengurus surat izin usaha dari instansi
pemerintahan atau pihak berwenang setempat.
Jika usaha semakin berkembang dan besar, ada baiknya segera mengurus Nomor
Pokok Wajib pajak (NPWP) bagi usaha Anda, mengurus perizinan ke Kementerian
Kesehatan, bahkan kalau bisa mengurus sertifikasi halal untuk semua produk
usaha Anda ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Sikap dan
perilaku
Penting untuk
menjaga sikap maupun perilaku anda saat berhadapan konsumen, semakin anda ramah
dan sopan maka akan semakin banyak konsumen yang berniat menjadi pelanggan
anda, coba anda bayangkan apakah anda mau berbelanja pada pedagang yang
sombong, pelit atau jutek
Ora et labora
Ora et labora
atau bekerja sambil berdoa adalah kunci keberhasilan anda, berjuanglah dan
teruslah berdoa kepada yang maha pemberi dan pengatur rezeki, karena dialah
yang menilai hasil kerja keras anda, jangan sesekali memakai magic dalam usaha
karena sudah pasti akan hancur walau cepat berkembang, berusahalah bersih.
2.2.
Strategi Produk
Adapun beberapa strategi produk agar
produk tersebut lebih terlihat menarik serta lebih enak yaitu sebagai berikut :
1.
Membuat
kue cubit dengan beraneka ragam rasa,
contoh nya membuat kue cubit dengan rasa strawberry , rasa coklat , rasa susu
,green tea dll . dengan ada nya beragam rasa tersebut kue cubit akan terlihat
lebih menarik serta akan menarik para pelanggan untuk mencobanya . karena kue
cubit dengan beranegam rasa ini sangat jarang sekali di temukan , bahkan tidak
ada yang menjual kue cubit yang beraneka ragam, kebanyakan yang menjual kue
cubit hanya menawarkan 1 – 2 rasa tidak
beraneka ragam rasa . di tambah lagi mungkin orang sudah bosan dengan rasa kue
cubit yang itu – itu saja, dengan ada nya kue cubit dengan aneka rasa ini
membuat masayarat tertarik ingin mencobanya
2.
Membuat
beraneka ragam bentuk kue cubit
, strategi ini bisa menarik minat anak – anak , kenapa demikian ? karena anak
anak itu suka dengan beraneka ragam bentuk , contoh nya bentuk hewan - hewan , dll . masyarakat akan lebih tertarik
jika kita membuat kue cubitnya di buat dengan beraneka ragam bentuk , karena
dari dulu sampai sekarang kue cubit hanya seperti itu – itu saja bentuknya
tidak ada perubahan sama sekali , jika kue cubit beraneka ragam bentuk akan
membuat masayarakat tertarik dan ingin mencoba nya.
3.
Memberikan
pilihan toping atas kue cubit ,
kebanyakan toping pada kue cubit adalah mesis saja tidak ada yang menarik ,
mungkin bila kita memberikan pilihan toping yang beragam akan membuat
masyarakat lebih tertarik dan membuat kue cubit tersebut lebih unik dan lebih
lezat .
4.
Memberikan
pilihan ukuran kue cubit , tujuan nya adalah
agar makanan tersebut tidak mubazir , jadi di berikan beberapa pilihan ukuran
kue cubit yaitu small, medium, large , dengan begitu masyarakat dapat memilih
dia mau makan sedikit atau lebih banyak.
2.3.
Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat
kami lakukan adalah:
1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli kue cubit di tempat kita.
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli kue cubit di tempat kita.
2. Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
3. Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti bakar ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti bakar ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4. Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa durian dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara resmi lainnya.
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa durian dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara resmi lainnya.
5. Langkah-langkah promisi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
• Pada malam minggu kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli kue cubit dengan harga diatas Rp20.000, maka akan kami berikan diskon sebesar 10%.
• Apabila konsumen membeli kue cubit diatas 4 porsi, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga Rp10.000,-
• Selain itu, apabila konsumen membeli kue cubit diatas 8 bungkus, maka kami akan memberikan gratis satu porsi kue cubit.
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
• Pada malam minggu kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli kue cubit dengan harga diatas Rp20.000, maka akan kami berikan diskon sebesar 10%.
• Apabila konsumen membeli kue cubit diatas 4 porsi, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga Rp10.000,-
• Selain itu, apabila konsumen membeli kue cubit diatas 8 bungkus, maka kami akan memberikan gratis satu porsi kue cubit.
BAB III
PENUTUP
3.1.
Analisis
ANALISIS PESAING
A. Pengertian
Pesaing
Analisis pesaing merupakan
suatu perbuatan menganalisa atau mengidentifikasi apa-apa saja yang dilakukan
oleh pihak pesaing atau perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa yang
mirip dengan produk kita.
Adapun hal-hal yang perlu
dilakukan adalah:
a)
Identifikasi pesaing
b)
Analisis kekuatan dan kelemahan pesaing
c)
Strategi menghadapi pesaing.
B. Identifikasi
pesaing
Untuk mengetahui jumlah dan
jenis pesaing serta kekuatan dan kelemahan yang mereka miliki, perusahaan perlu
membuat peta persaingan yan lengkap. Pambuatan peta persaingan yang dugunakan
untuk melakukan analisis pesaing memerlukan langkah-langkah yang tepat.
Langkah-langkah ini perlu dilakukan agar analisisi pesaing tepat sasaran dan
tidak salalh arah. Langkah pertama yang perlu dilakukan perusahaan adalah
dengan identifikasi seluruh pesaing yang ada. Langkah ini perlu dilakukan agar
kita mengetahui secara utuh kondisi pesaing kita. Dengan demikian, memudahkan
kita untuk menetapkan langkah selanjutnya.
Identifikasi pesaing
meliputi hal-hal sebagai berikut:
1. Jenis produk
yang ditawarkan
Kadang-kadang sebuah perusahaan
tertentu memiliki produk yang beragam. Tugas perusahaan adalah
mengidentifikasikan secara lengkap dan benar produk apa saja yang dimilki oleh
pesaing-pesaingnya. Identifikasikan siapa pesaing utama yang terdekat serta
pesaing lainya yang juga berpotensi mengancam perusahaan kita sekarang dan di
masa yang akan datang.
2. Melihat
besarnya pasar yang dikuasai (Market Share) pesaing
Untuk melihat besarnya
pasar yang dikuasai pesaing, dapat dilakukan melalui segmen pasar yang akan
dimasuki. Dalam hal ini perusahaan harus mengestimasi besarnya pasar dan market
share masing-masing pesaing. Market share yang harus diketahui adalah
untuk masa sekarang dan di masa yang akan datang, baik yang dikuasai pesaing
maupun secara keseluruhan.
3. Identifikasi
peluang dan ancaman
Dengan mengestimasi
besarnya market share, akan kelihatan peluang yang ada serta ancaman yang
mungkin timbul sekarang dan di masa yang akan datang. Setiap peluang harus
dimasuki dan diusahakan untuk menciptakan peluang baru yang sebesar-besarnya.
Kemungkinan ancaman atau masalah yang timbul pun harus segera diantisipasi
sehingga tidak menimbulkan masalah.
4. Identifikasi
keunggulan dan kelemahan
Identifikasi kelamahan dan
keunggulan berarti memetakan atau mencari tahu keunggulan dan kelemahan yang
dimilki pesaing. Identifikasikan kelemahan dan keunggulan pesaing dalam
berbagai bidang, misalnya dalam hal kelengkapan produk, mutu, kemasan, harga,
distribusi, lokasi, serta promosi.
C. Analisis kekuatan dan
kelemahan pesaing
Setelah kita tahu siapa
saja pesaing kita, tentukan kekuatan mereka dan cari tahu kerentanan mereka.
Mengapa nasabah membeli dari mereka? Apakah karena harga? nilai? pelayanan?
kenyamanan? reputasi? Fokuskan terutama pada kekuatan dan kelemahan yang
“dirasakan” seperti yang kita lakukan terhadap perusahaan sesungguhnya. Ini
karena persepsi nasabah ternyata bisa lebih penting dari kenyataan.
Ada baiknya kita lakukan
analisis kekuatan dan kelemahan dalam bentuk tabel. Tuliskan nama masing-masing
pesaing. Kemudian susun kolom-kolom yang memuat semua kategori penting bagi
bidang usaha kita (harga, nilai, pelayanan, lokasi, reputasi, keahlian,
kenyamanan, personalia, pemasangan iklan/pemasaran, atau apa saja yang sesuai
dengan jenis perusahaan). Begitu tabel siap, peringkatlah semua pesaing, dan
cantumkan komentar mengapa peringkat tersebut diberikan. Bahkan bisa juga kita
beri tanda merah untuk kekuatan dan biru untuk kelemahan, sehingga secara
sekilas kita dapat mengetahui kedudukan setiap pesaing.
Menurut perusahaan konsultan Arthur D.Little,
sebuah perusahaan
akan menempati satu di antara
enam posisi kompetitif di dalam pasar
sasaran berikut ini:
1. Dominan.
Perusahaan ini mengendalikan perilaku pesaing yang lain
dan
memiliki pilihan strategis yang luas.
2. Kuat
Perusahaan ini bisa mengambil tindakan mandiri tanpa membahayakan posisi
jangka panjangnya dan dapat mempertahankan posisi jangka panjangnya
apa pun
tindakan yang dilakukan oleh pesaing.
3. Cukup baik
Perusahaan ini
memiliki kekuatan yang bisa dimanfaatkan dan peluang yang ada
diatas rata-rata
untuk meningkatkan posisinya.
4. Cukup
Perusahaan ini memiliki kinerja pada tingkat yang cukup untuk mencapai hasil memuaskan yang bisa terus
mempertahankan dalam bisnis. Namun, perusahaan ini ada
karena dibiarkan oleh perusahaan yang dominan dan memiliki peluang dibawah
rata-rata untuk meningkatkan posisinya.
5. Lemah
Perusahaan ini memiliki kenerja yang tidak memuaskan,
tetapi ada peluang untuk memperbaiki. Perusahaan ini harus
berubah atau kalau tidak keluar dari pasar.
6. Tidak berpeluang.
Perusahaan ini memiliki kinerja yang tidak memuaskan
dan tak ada peluang untuk memperbaiki.
D. Strategi menghadapi
pesaing
Strategi dalam menghadapi
pesaing dalam pemasaran antara lain:
1. Strategi produk
Produk adalah segala sesuatu
yang ditawarkan di pasar atribut seperti : warna, bungkus, prestise perusahaan
serta pelayanan perusahan yang dibeli konsumen untuk dapat memberikan pemuas
kebutuhannya.
Usaha perusahan untuk
menciptakan produk yang bisa memberikan kepuasan kepada konsumen, kepuasan ini
dapat diciptakan dengan berbagai strategi yang telah diputuskan perusahan
sebagai usaha untuk mempertahankan kelangsungan operasionalnya dalam jangka
panjang. Usaha-usaha tersebut antara lain :
- Perencanaan produk,
mencakup semua kegiatan produsen dan penyalur untuk menentukan susunan product
line, sehingga konsumen akan visa membedakan produk yang satu dengan lainnya.
Maksudnya perusahaan akan selalu mengikuti perkembangan pasar, barang yang
ditawarkan harus disempurnakan sebelum mengadakan perubahan barang, informasi
ini perlu dikumpulkan melalui riset pasar.
- Pengembangan barang,
mencakup kegiatan teknis tentang penelitian, pembuatan dan perencanaan bentuk
produk. Kegiatan ini dapat dilakukan setelah menganalisis kebutuhan dan keinginan
pasar. Jika permasalahan ini sudah bisa diatasi, maka perusahaan akan melebih
mudah uin tuk menentukan harga, distribusi dan promosi.
- Perdagangan,
mencakup semua kegiatan perencanaan dari produsen dan penyalur untuk
menyesuaikan produknya dengan permintaan pasar.
- Perencanaan
produk, mencakup semua kegiatan produsen dan penyalur untuk menentukan
susunanproduct line, sehingga konsumen akan bisa membedakan produk
yang satu dengan lain nya. Maksudnya perusahaan akan selalu bisa mengikuti
perkembangan pasar, barang yang ditawarkan harus disempurnakan sebelum
mengadakan perubahan barang, informasi ini perk dikumpulkan melalui riset
pasar.
- Pengembangan
barang, mencakup kegiatan teknis tentang penelitian, pembuatan dan perencanaan
bentuk produk. Kegiatan ini dapat dilakukan setelah menganalisis kebutuhan dan
keinginan pasar. Jika permasalahan ini sudah dapat diatasi, maka perusahaan
akan lebih mudah menentukan harga, distribusi dan promosi.
- Perdagangan, mencakup
semua kegiatan perencanaan dari produsen dan penyalur untuk menyesuaikan
produknya dengan permintaan pasar.
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas
dapatlah kita mengambil kesimpulan bahwa sudah layaknyalah perusahaan memiliki strategi
pemasarannya sendiri sebelum mereka menjalankan ataupun memasarkan produk
/jasanya.
Strategi pemasaran yang
dibuat hendaknya haruslah mempertimbangkan situasi dan keadaan perusahaan baik
keadaan intern perusahaan itu sendiri atau lingkungan mikro perusahaan, maupun
keadaan ekstern perusahaan atau yang dikenal dengan lingkungan makro
perusahaan.
Perusahaan yang berjaya dan
mampu mempertahankan serta meningkatkan lagi penjualannya ditengah-tengah
pesaingnya adalah perusahaan yang telah berhasil menetapkan strategi
pemasarannya serta strategi bersaingnya dengan tepat.
Adapun penentuan strategi
bersaing hendaknya dilakukan dengan mempertimbangkan kepada besar dan posisi
masing-masing perusahaan dalam pasar. Karena perusahaan yang besar mungkin
dapat menerapkan strategi tertentu yang jelas tidak bisa dilakukan oleh
perusahaan kecil. Demikian pula sebaliknya, bukanlah menjadi sesuatu yang
jarang terjadi bahwa perusahaan kecil dengan strateginya sendiri mampu
menghasilkan tingkat keuntungan yang sama atau bahkan lebih baik daripada
perusahaan besar.
Dengan memperhatikan dan
mempertimbangkan semua hal diatas, maka dapat dipastikan perusahaan akan dapat
menetukan dengan baik strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya, untuk
tetap maju dan berkembang ditengah-tengah persaingannya.
Dalam bauran pemasaran
terdapat empat variabel yang sangat penting dalam strategi pemasaran, yaitu
terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat. Keempat variabel itu diperlukan
dalam bauran pemasaran dan keempat variabel ini harus saling berkaitan satu
sama lain. Hal ini bertujuan agar dapat mencapai tujuan dari strategi pemasaran
yang berupa keberhasilan menyeluruh. Yang sangat dipentingkan, bahwa pemilihan
pasar target dan pengembangan bauran pemasaran saling berkaitan. Kedua kegiatan
ini diputuskan bersama. Yang harus dibandingkan dengan tujuan perusahaan adalah
strategi bukan pasar target alternatif atau bauran pemasaran alternatif.
DAFTAR
PUSTAKA
terimakasih telah berbagi informasi menarik seputar bisnis jajanan favorit, kue cubit...
BalasHapusAplikasi Kasir Warung